Jumat, 02 Oktober 2020

Philo Farnsworth

Penemu televisi elektronik yang kita gunakan saat ini adalah Philo Taylor Farnsworth II. Ia merupakan penemu asal Amerika Serikat yang lahir pada 19 Agustus 1906. Sejak masih muda, Farnsworth memiliki ketertarikan di bidang teknik. Di usia remaja, ia mulai mempelajari teknologi televisi saat itu dan berpendapat bahwa sistem mekanik yang digunakan masih terlalu lambat untuk membaca dan menyusun gambar dalam hitungan detik. Ia percaya bahwa hanya sistem elektronik yang cukup cepat untuk melakukannya.

 

Di tahun 1922, Farnsworth mulai mengerjakan rancangan kasar televisi elektronik. Tahun berikutnya, ketika masih bersekolah di SMA, ia juga terdaftar sebagai siswa di Brigham Young University sebagai murid spesial. Hanya saja, kematian ayahnya di tahun 1924 memaksanya untuk meninggalkan Brigham Young dan menamatkan SMA sambil bekerja.

 

Setelah mimpinya untuk mengembangkan televisi elektronik tertunda, di tahun 1926 Farnsworth mulai bekerja untuk mengumpulkan dana sumbangan George Everson dan Leslie Gorrell. Ia meyakinkan mereka berdua untuk bekerja sama memproduksi sistem televisi yang ia rancang.

 

Tidak lama setelahnya, Farnsworth pindah ke Los Angeles dan mulai bekerja dengan dana USD 6.000 yang ia peroleh dari Everson dan Gorrell. Everson bahkan mendapatkan dana tambahan sebesar USD 25.000 dan ruang laboratorium di Crocker First National Bank of San Francisco untuk Farnsworth. Pada 7 September 1927, Farnsworth berhasil menyiarkan tayangan menggunakan televisi elektroniknya dan mematenkan temuannya di tahun yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar